Sabtu, 02 Agustus 2008

Tampil Smart Kunci Sukses Wanita Bekerja

Berpenampilan smart bagi wanita pekerja (profesional) adalah salah satu kunci meningkatkan produktivitas kerja. Elemen pendukungnya tentu saja tampil cantik, cerdas, dan percaya diri. Bagaimanapun, seseorang akan dinilai terkebih dahulu dari penampilan luarnya.

Bisakah anda bayangkan saat top manajemen atau klien terpenting hanya punya sedikit waktu bertemu dengan kita? Penampilanlah yang akan mencuri perhatian terlebih dahulu. Apalagi kaku hal itu diimbangi dengan'aura'yang menonjolkan inner beauty-nya.

Mengapa cantik dan cerdas tidak cukup membuat rumus penampilan yang smart? Mengapa harus ada percaya diri? Menurut lvonne Andayani, owner FootSpa di Surabaya yang juga humas perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia, karena kepercayaan diri menunjukkan siapa sebenarnya kita,nilai jual kita. Dan kunci sukses bagi wanita bekerja di era yang didominasi oleh pekerja bergender makhluk dari 'planet Mars' adalah kepercayjtan diri, menunjukkan siapa diri kita. Termasuk yang utama, percaya diri dalam berpenampilan! "Karena kita adalah kaum minoritas."

Percaya diri dalam berpenampilan bisa berarti seperti ini. Pakailah busana yang membuat anda percaya diri, dan sesuaikan dengan "moment'nya! Moment ini maksudnya bisa acaranya, profesinya, atau waktu berpenampilan.

Jika kita memakai baju, merias wajah hanya dengan mengandalkan trend mode yang berkembang, sedangkan hal itu tidak cocok, niscaya penampilan kita akan terlihat aneh dan amburadul Alih-alih mencuri perhalian orang, kita malah akan kebingungan berjalan menunduk, atau tidak berani beranjak dari kursi untuk menemui tamu atau menghadiri meeting penting dengan jajaran top manajemen. Nah! Mari kita bahas satu persatu 'obat cantik'kita dikantor.

a. Make up
Bermake-up seperlunya, tidak tebal, dan terlihat 'fresh' akan membawa energi bagi sekeliling kita. Percayalah, di acara apapun untuk riasan seperti ini tidak membuat kita seperti salah kostum. Sungguhpun tata rias ala 'smokey eyes' memang sedang trend, tidak berarti kita akan mengikuti 100%. Bukan kesan sensual yang muncul, namun malah kesan 'menyeramkan'.

Ingat, bahwa anda bukan akan pergi ke satu pesta yang membuat anda harus jadi 'ratu sejagat' yang sensual utuk mencuri perhatian audience, tapi anda sedang akan bekerja. Dan ingat bahwa para model yang anda lihat menggunakan riasan tersebut di majalah, memang sudah dari sononya cantik dan sesuai dengan riasan itu.

Sekali lagi kuncinya, pakai riasan sesuai acara pasti bikin anda percaya diri. Kalau anda berkantor di jam kerja biasa, pagi sampai sore hari, pakailah riasan yang ringan di wajah, plus jangan lupa pelembab atau foundation dengan SPF tertentu jika anda sering bekerja di lapangan.

Mengapa pelembab sangat diperlukan? Ruang kerja anda full AC kan, dan anda berada di dalamnya hampir 8 jam sehari. Kalau anda bekerja justru di malam hari, make up agak berani sedikit lebih ditolerir. Namun ingat, kenakan riasan yang memang membuat anda percaya diri memakainya.

Warna kulit juga mempengaruhi warna dominan eye shadow yang bisa anda kenakan. Jika kita berkulit sawo matang, pakailah eye shadow dengan warna mendekati warna coklat tanah. Namun jika wama kulit kita terang, warna apapun pasti akan bagus, termasuk wama-warna ber-nuansa pink atau orange yang akan membuat penampilan menjadi sangat fresh.

Satu lagi yang tak kalah penting, sebelum bermake up, anda sudah harus memilih warna baju yang anda kenakan. Supaya nuansa warna eye shadow yang anda kenakan 'matching' dengan penampilan secara keseluruhan.

b. Pakaian
Beberapa profesi mengharuskan kita berpenampilan sedikit seksi dengan rok pendek di atas lutut. Kalau memang itu membuat kita percaya diri dan cocok dengan bentuk tubuh kita, why not? Hanya saja untuk lebih sopannya, tambahkan stocking. Namun, saat ini, penampilan dengan celana panjang dinilai lebih elegan dan energik. Juga lebih cocok dipakai di banyak suasana. Hanya saja, disesuaikan dengan baju atasannya.

Untuk yang bekerja di pekerjaan desain kreatif , misal event organizer, penampilan yang casual dinilai lebih cocok Namun jika kita bekerja di bidang yang langsung berhubungan dengan klien dan pelanggan penting, blazer menjadi satu hal yang wajib ada di mobil. Dan memang benda inilah yang kerap menyelamatkan kita dan agenda-agenda penting mendadak. Saran saya, minimal anda harus mempunyai 3 pasang celana panjang dan blazer dengan warna berikut: hitam, coklat, dan abu-abu.

Jangan lupa bahwa tubuh yang tidak proporsional bisa disamarkan oleh pilihan wama yang cocok. Warna gelap, tidak terlalu banyak detail, akan bersahabat bagi yang bertubuh sedikit genuk. Sedangkan yang bertubuh proporsional, warna apapun pasti akan bersahabat dan enak dipandang.

Detail ruffles di dada yang sedang trend akan sangat cocok dikenakan bagi si mungil. Dan usahakan mengalihkan perhatian orang untuk tidak melihat bagian tubuh yang anda rasa 'kurang' dengan membuat bagian lain terlihat lebih menarik. Jika saya berleher jenjang namun pinggul saya besar, saya pasti akan memilih memakai kalung keren atau blouse berdetail cantik atau wama yang menarik. Tujuannya untuk menarik perhatian orang ke bagiah atas tubuh saya. Bukankah begitu?

c. Accesories
Accesories menjadi hal penting jika pakaian yang kita kenakan terlalu minimalis, di tahun 2007 tentu menjadikan accesories adalah barang wajib di meja rias kita. Hanya, jangan berlebihan layaknya kita mau pergi ke perhelatan kawinan atau dandanan full accesories ala kaum gipsy. Kecuali untuk pekerja seni, hal ini masih ditoleransi. Kalung manik yang besar-besar memang terlihat cantik di leher Tamara Bleszinsk yang jenjang, namun jika kita bertinggi tubuh tak lebih dari 155 cm dan memakai kalung itu, apa yang terjadi? Leher kita akan terlihat makin pendek dan keseluruhan penampilan kita jadi tidak proporsional.

d. Sepatu
Banyak wanita merasa tinggi hak sepatu adalah salah satu faktor penyelamat penampilan. Jawabannya : memang! Tubuh yang tidak proporsional bisa disamarkan dengan ukuran hak sepatu tertentu. Hanya saja,jangan selalu menggunakan sepatu ber-hak tinggi dalam keseluruhan waktu kita di kantor. Ada saat-saat kita berada di mobil, kita ganti sepatu kita dengan sepatu flat yang lebih bersahabat.

Wanita manapun pasti ingin terlihat tinggi dan cantik, namun ingat lho, sepatu berhak tinggi mempertinggi angka nyeri sendi bagi wanita. Apalagi di masa kehamilan,wanita terpaksa harus merelakan mengistirahatkan sepatu berhak tinggi nya. Toh, tidak akan lama, bukan? Dan seperti halnya pakaian, warna sepatu hitam dan coklat sepertinya wajib ada dalam lemari sepatu anda!

Oke, cukup sudah 15 menit anda berada di depan cermin untuk urusan berpenampilan smart. Saatnya menunjukkan siapa diri anda dengan penampilan yang membuat anda percaya diri Dan percayalah, penampilan menjadi satu hal yang menarik perhatian orang pertama kali terhadap diri anda. Sukses untuk anda, sukses untuk karir anda!.

sumber : http://www.skw.co.id/news.php?id=26

Tidak ada komentar: